Business-to-Consumer (B2C) Electronic Commerce

Sebelumnya pada artikel Pengantar E-Business dan E-Commerce kita sudah membahas jenis-jenis E-commerce, berikut kita akan bahas salah satu jenis-jenis dari E-Commerce yaitu, Business-to-Consumer (B2C) 


  • Electronic Storefronts and Malls
e-Tailing merupakan penjualan produk dan jasa secara langsung melalui electronic storefronts ataupun electronic malls yang dirancang dalam bentuk katalog elektronik maupun lelang. E-Storefront, merupakan suatu website yang merepresentasikan suatu toko individual. Contohnya: www.dell.com, e-Mall, merupakan kumpulan dari toko-toko individu dalam satu alamat internet. Sebuah cybermall dapat terdiri dari ribuan vendor, contohnya Microsoft shopping yang sekarang dikenal dengan Bing shopping, www.bing.com/shopping. Terdapat 2(dua) jenis cybermall, jenis yang pertama dikenal dengan refererral malls (contohnya www.hawai.com ), dimana kita tidak dapat membeli apapun disini. Namun, kita akan ditransfer pada storefront yang berpartisipasi. Jenis yang kedua adalah mall yang melakukan transaksi secara langsung. Berikut contoh e-Tailing



  • Online Service Industries


Berikut ini adalah beberapa online service industries:

  1. Cyberbanking. Cyberbanking, melibatkan berbagai aktifitas perbankan yang dapat dilakukan di rumah, berbagai tempat bisnis maupun di jalan
  2. Online securities Trading. Cyberbanking, melibatkan berbagai aktifitas perbankan yang dapat dilakukan di rumah, berbagai tempat bisnis maupun di jalan
  3. Online job Market. Para pencari kerja dapat memanfaatkan online job market, untuk membalas berbagai tawaran pekerjaan secara online serta memberikan lamaran kerja kepada berbagai situs yang ada.
  4. Travel services. Internet merupakan tempat yang ideal untuk merencanakan, mengeksplorasi dan mengatur perjalanan secara ekonomis. Jasa perjalanan online,memungkinkan kita untuk membeli tiket, mereservasi kamar hotel serta menyewa mobil secara online. 
  5. Online advertising. Advertising merupakan aktifitas penyebaran informasi untuk mempengaruhi transaksi antara penjual dan pembeli.




0 Response to "Business-to-Consumer (B2C) Electronic Commerce"

Post a Comment